Tren Tato di Piala Dunia 2010

SENI merajah tubuh alias tato kini bukan dominasi preman atau bintang rock saja. Seni ini pun mulai merambah dunia olahraga. Atlet sepak bola termasuk yang gandrung mencorat-coret tubuhnya. Lihat saja, di tiap pertandingan Piala Dunia kali ini Anda pasti melihat pemain yang lengan, kaki bahkan lehernya dihiasi tato. Tak cuma satu dua, jumlah pemain yang bertato itu puluhan. Saking banyaknya pemain yang merajah tubuhnya, tato dianggap sebagai tren di Piala Dunia 2010 ini.

Nah, dari sekian banyak pemain bertato itu, kami menyortir beberapa pemain yang kami anggap punya tato paling menarik. Berikut daftarnya.

Sergio Ramos (Spanyol)

Sergio Ramos

Pemain bertahan Spanyol ini punya banyak tato. Di bagian dalam lengan kiri tergurat tato JM VII P. JM dan P adalah inisial kedua orangtuanya. Sedang VII angka yang dipercayai Ramos sebagai angka pembawa keberuntungan. Lalu di pergelangan tangan kanannya ada tato tribal yang dibentuk menyerupai handband. Tato serupa juga dimiliki adik laki-lakinya.

Di bagian belakang telinga kiri Ramos ada tato bertuliskan serigala dalam aksara China. Tulisan itu sepintas mirip dengan inisialnya, SR. Di bagian bisep tangan kanan Ramos ada tato bertuliskan “The spirit of those dead”.

Sementara di bagian bisep kirinya “Lies in the memory of those alive”. Di bawah tulisan itu ada angka  9-11 dan  3-11, tanggal serangan teroris di New York dan Madrid. Masih ada lagi. Di pundak kanannya ada gambar kartun seseorang memegang bola sembari menyeringai. Konon, Ramos juga punya tato di bagian paling personalnya.

Wayne Rooney (Inggris)

Wayne Rooney

Striker Inggris dan Manchester United ini penggemar berat grup musik Stereophonics. Saking tergila-gila pada band itu, Rooney rela merajah lengan kanannya dengan tulisan “Just Enough Education to Perform” yang merupakan salah satu judul album milik Stereophonics.

Selain tato itu, di bagian atas lengan kanan Rooney tergambar tato salib. Tulisan “Coleen” tertera di bagian atas lengan kirinya. Coleen adalah nama istri Rooney.

Deco (Portugal)

Deco

Di punggung kanannya, gelandang serang Portugal dan Chelsea ini punya tato bergambar  wanita Jepang — ada yang mengartikannya sebagai Geisha. Di forum-forum internet, tato itu banyak mendapat pujian lantaran memiliki nilai artistik yang tinggi. Apa arti tato itu? Kabarnya, itu untuk menghormati ibunya yang keturunan Jepang.

Marek Hamsik (Slovakia)

Marek Hamsik

Selain  potongan rambutnya yang seperti orang tersengat listrik, Marek gampang dikenali karena tatonya. Totalnya ada lima tato di tubuhnya. Salah satunya tato bertuliskan 10/14/2009, tanggal ketika Slovakia memastikan diri masuk ke Piala Dunia 2010.

Ada juga tato tanggal lahir, kata kesabaran dalam aksara Jepang, angka 7, dan sebuah simbol yang dideskripsikan Marek sebagai pemberi energi dan keberuntungan yang diperlukannya untuk mengembangkan skill bermain bola. Dia berencana membuat 2 tato lagi bertuliskan nama anak-anaknya.

Daniel Agger (Denmark)
Pemain bertahan Denmark termasuk pemain yang paling punya banyak tato di Piala Dunia kali ini. Lengan kirinya dihiasi motif tribal dan inskripsi kuno. Sementara lengan kanannya dihiasi gambar kesatria Viking Nordik. Di dadanya, pemain yang juga merumput buat Liverpool ini mengguratkan nama kakak dan adiknya.

Bagian belakangnya juga dirajah. Di situ ada frasa latin “Memento mori” yang bila diterjemahkan “Ingat, Anda pasti mati”. Ada pula frasa “Mors certa hora incerta” yang berarti “Kematian adalah hal yang pasti, yang tidak pasti adalah kapan kematian itu datang.” Seram juga, ya!

Kevin Prince Boateng (Ghana)

Kevin Prince Boateng

Gelandang Ghana ini totalnya punya 13 tato yang menutupi kedua lengannya, dada, dan lehernya. Tato yang paling menarik perhatian adalah gambar dua joker yang salah satunya menangis dan yang satunya lagi tertawa.

“Artinya, sekarang tertawa besok menangis,” kata pemain yang membuat Michael Ballack tak bisa berlaga di Piala Dunia 2010 ini.

Fernando Torres  (Spanyol)

Fernando Torres

Torres punya tiga tato permanen. Di kakinya tertera angka Romawi VII VII MMI. Kalau diterjemahkan ke dalam angka Latin berarti 7-7-2001. Tak ada yang tahu apa arti angka itu. Tapi kabarnya, angka itu merupakan tanggal ia bertemu kekasihnya, Olalla.

Di lengan kirinya, tertulis namanya dalam bahasa Tengwar, bahasa fiksi yang digunakan dalam novel dan film The Lord of The Rings. Tato angka 9 juga menghiasi pergelangan tangan kanan Torres. Angka itu nomor kausnya di Atletico Madrid, Liverpool, dan timnas Spanyol.

Tim Cahill (Australia)
Cahill memiliki tato yang hampir menutupi seluruh lengan kirinya. Pria kelahiran 6 Desember 1979 ini membuat tato itu ketika sang nenek yang keturunan Samoa meninggal dunia. Tato itu bentuk penghormatan untuk ibunda, juga kepada kebudayaan Samoa.

Lantaran dibikin buat menghormati kebudayaan leluhurnya, tato itu bermotif tribal ala Samoa. Di sela-sela tato tribal itu, bintang Everton ini menyelipkan nama-nama anggota keluarganya. Tak tanggung-tanggung, Cahill memasukkan nama kakek-nenek, ayah-ibu, kakak-adik, istri, anak sampai nama kakak dan adik iparnya di tatonya. Hmm, ini tato atau kartu keluarga, ya?

Djibril Cisse (Perancis)
Dalam sejarah sepak bola modern, barangkali Cisse-lah pemain yang paling punya banyak tato. Nyaris seluruh bagian tubuhnya ditutupi tato. Jumlah tatonya bahkan lebih banyak ketimbang si ganteng David Beckham atau pun Marco Materazzi.

Tato yang paling identik dengan Cisse adalah gambar sayap malaikat di bagian belakang tubuhnya. Selain tato itu, di kaki kanannya, Cisse  punya tato motif tribal yang terbentang dari pangkal kaki  sampai paha. Motif tribal juga menghiasi seluruh area dada, leher bagian depan, dan kedua lengannya.

Seperti pemain bertato lainnya, Cisse tak lupa menggoreskan nama-nama orang tercinta di tubuhnya. Di bagian belakang lehernya, ia menuliskan nama putrinya. Cisse sempat memamerkan tatonya di Piala Dunia 2010 dalam pertandingan Perancis kontra Afrika Selatan.

Fabio Cannavaro (Italia)
Canna, panggilan Cannavaro, mempunyai tato yang juga tersebar di seluruh anggota tubuhnya. Di bagian dalam lengan kanan atasnya terpahat nama putra bungsunya, Andrea.

Sedangkan di bagian luar tergambar seorang kesatria yang menggambarkan dirinya. Tak hanya itu, nama sang istri Daniela dan putra sulungnya Christian juga tertulis di tangannya dalam bentuk aksara China.

(bin/gur)

Sumber : http://www.tabloidbintang.com/world-cup/serba-serbi/4095-tren-tato-di-piala-dunia-2010.html

One thought on “Tren Tato di Piala Dunia 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s